Pimpinan DPRD Medan menyerahkan hasil laporan reses anggota DPRD dari Dapil I sampai V pada sidang paripurna DPRD Medan
Advetorial

Masalah Infrastruktur & LPJU Dominasi Laporan Reses DPRD Medan

Spread the love

* Wali Kota Medan Komit Akomodir Hasil Reses Anggota DPRD

Sejak tanggal 10  s/d 13 Februari 2023, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan melaksanakan Reses Masa Sidang I Tahun Sidang ke IV Tahun Anggaran 2023. Anggota DPRD dari Dapil I sampai Dapil V turun langsung mengunjungi daerah pemilihannya masing-masing menjemput dan menampung aspirasi dari masyarakat yang di wakilinya.

Hasil Reses anggota DPRD dari masing-masing Dapil itu kemudian disampaikan ke Pemkot Medan dalam sidang paripurna DPRD Kota Medan, Senin (27/2/2023) di pimpin Wakil Ketua DPRD, Rajudin Sagala dan Ihwan Ritonga.

Dari laporan yang disampaikan masing-masing Dapil, masalah infrastruktur, kesejahteraan sosial dan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) mendominasi persoalan yang terjadi di masyarakat Kota Medan.

Dapil I meliputi Kecamatan Medan Barat, Medan Baru, Medan Helvetia dan Medan Petisah dalam laporannya yang disampaikan, Rudiawan Sitorus,  meminta Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Konstruksi (SDABMBK) untuk melakukan perbaikan jalan di wilayah Dapil I, di antaranya di Jalan Kuali, Jalan Periuk, Jalan Notes, Kelurahan Sei Putih Tengah Medan Petisah.

Anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi PKS, Rudiawan Sitorus, membacakan laporan Reses 1, Tahun Sidang ke IV, Tahun Anggaran 2023 anggota DPRD dari Dapil I pada sidang paripurna DPRD Kota Medan, Senin (27/2/2023). (foto/dok)

Di Jalan Pembangunan, Kelurahan Cinta Damai Medan Helvetia, Jalan Bahagia, Jalan Sei Bahorok, Jalan Rebab, Jalan Terompet, Jalan KH. Wahid Hasyim. Pengaspalan di Jalan Orde Baru Sei Agul, Jalan Masjid, Jalan Karya, Jalan T. Amir Hamzah dan Jalan Jawa. Pembuatan dan normalisasi drainase di Jalan Ayahanda, Jalan Periuk, Jalan Kuali dan Jalan Rebab.

Kepada Dinas Sosial, Sekretaris Fraksi PKS itu, meminta untuk melakukan pendataan permohonan bantuan PKH dan BLT bagi warga wilayah Dapil I, seperti di Jalan Kuali, Jalan Gaperta Ujung, Jalan Sei Arakundo, Jalan Air Langga Ujung Kubur, Jalan Patimura dan Jalan Dahlia 5.

Kemudian, permohonan bantuan Kartu Indonesia Sejahtera dan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan bagi warga di Jalan Kampung Kubur dan Jalan Anggrek Kelurahan Helvetia Tengah Medan Helvetia. Permohonan bantuan untuk warga lanjut usia di Jalan Jalan Orde Baru dan Jalan Zainul Arifin serta permohonan bantuan kursi roda, alat pendengar, kaki palsu bagi warga penyandang disabilitas.

Kepada Dinas Perhubungan, Wakil Ketua Komisi IV itu, meminta agar di lakukan pemasangan dan perbaikan LPJU di wilayah Dapil I, seperti di Jalan Karya, Jalan Darat Dalam, Jalan Pendidikan Medan Helvetia dan Jalan Sei Wampu Baru Medan Baru.

Anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi PKS, Rudiawan Sitorus, menyerahkan hasil laporan Reses 1, Tahun Sidang ke IV, Tahun Anggaran 2023 anggota DPRD dari Dapil I kepada Wakil Ketua DPRD, Rajudin Sagala, pada sidang paripurna DPRD Kota Medan, Senin (27/2/2023). (foto/dok)

Anggota DPRD yang melaksanakan Reses :  

1. Dame Duma Sari Hutagalung (F-Gerindra)

2. Edward Hutabarat (F-PDIP)

3. Robi Barus (F-PDIP)

4. Antonius D Tumanggor (F-NasDem)

5. H. Rajudin Sagala (F-PKS)

6. Rudiawan Sitorus (F-PKS)

7. Abdul Rahman Nasution (F-PAN)

8. Renville P. Napitupulu (F-HPP)

Dapil II meliputi Kecamatan Medan Deli, Medan Marelan, Medan Labuhan dan Medan Belawan dalam laporannya yang disampaikan, Margaret MS, meminta Dinas SDABMBK melakukan perbaikan jalan di wilayah Dapil II, seperti di Pasar 6 Andasari, Jalan Marelan Pasar 1 dan Jalan Pancing V Medan Labuhan.

Kemudian, pembangunan gorong-gorong dan perbaikan drainase di Kelurahan Sei Mati Medan Labuhan, Kelurahan Martubung dan Jalan Mangan I Lingkungan IV Medan Deli. Peninggian aspal di Jalan Pancing V Medan Labuhan dan Jalan Kampung Bahari Medan Labuhan.

Selanjutnya, pembangunan jembatan simpang Atap Lingkungan 7 Kelurahan Besar Medan Labuhan (penghubung antar Kecamatan Medan Labuhan & Medan Marelan). Pembetonan Jalan, seperti Jalan M. Basir Lingkungan 31 Kelurahan Rengas Pulau Medan Marelan, Jalan Lalang Panjang Kelurahan Besar Medan Labuhan dan Jalan Marelan Pasar II Timur Gang Estomihi Lingkungan 24 Medan Marelan.

Anggota DPRD Medan Fraksi PDIP, Margareth MS, membacakan laporan Reses 1 TA 2023 Dapil II pada sidang paripurna DPRD Kota Medan
Anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi PDI Perjuangan, Margaret MS, membacakan laporan Reses 1, Tahun Sidang ke IV, Tahun Anggaran 2023 anggota DPRD dari Dapil II pada sidang paripurna DPRD Kota Medan, Senin (27/2/2023). (foto/dok)

Seterusnya, pembuatan parit di Jalan Durung Lingkungan 19, Jalan Yos Sudarso dan Komplek Yuka Martubung serta pembangunan jalan baru di Kelurahan Sei Mati Lingkungan 18 dan Jalan Rawe Raya Tangkahan menuju Seruai Medan Labuhan.

Kepada Dinas Perhubungan, anggota Fraksi PDI Perjuangan itu, meminta untuk melakukan pemasangan dan penggantian LPJU di sejumlah titik di wilayah Dapil II, seperti di Pasar 6 Andasari Kelurahan Terjun Medan Marelan, Kelurahan Besar Gang Manggis Medan Labuhan, Jalan Gulama Kelurahan Belawan Bahagia Medan Belawan dan Jalan Mangaan 4 Lingkungan 29 Kelurahan Mabar Hilir Medan Deli.

Kepada Dinas Sosial, anggota Komisi I itu, meminta melakukan pendataan ulang warga tidak menerima bantuan PKH dan  BLT, seperti di Pasar 6 Andasari Kelurahan Terjun Medan Marelan, Pasar Lama Pekong Labuhan Medan Labuhan, Kelurahan Sei Mati, Jalan Rawe V Lingkungan VII Kelurahan Tangkahan Medan Labuhan dan Kelurahan Belawan 1 Medan Belawan.

Anggota DPRD yang melaksanakan Reses :  

1. Surianto (F-Gerindra)

2. Siti Suciati (F-Gerindra)

3. Haris Kelana Damanik (F-Gerindra)

4. Margaret MS (F-PDIP)

5. Mulia Asri Rambe (F-Partai Golkar)

6. T. Edriansyah Rendy (F-NasDem)

7. Abdul Latief Lubis (F-PKS)

8. Abdul Rani (F-HPP)

9. T. Bahrumsyah (F-PAN)

10. Sudari (F-PAN)

11. Janses Simbolon (F-HPP)

12. Ishaq Abrar M. Tarigan (F-Partai Demokrat)

Anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi PDI Perjuangan, Margaret MS, menyerahkan hasil laporan Reses 1, Tahun Sidang ke IV, Tahun Anggaran 2023 anggota DPRD dari Dapil I kepada Wakil Ketua DPRD, Rajudin Sagala, pada sidang paripurna DPRD Kota Medan, Senin (27/2/2023). (foto/dok)

Dapil III meliputi Kecamatan Medan Timur, Medan Perjuangan dan Medan Tembung dalam laporannya yang disampaikan, Irwansyah, meminta Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Konstruksi (SDABMBK) melakukan pengaspalan di sejumlah lokasi, di antaranya di Jalan di Pelita IV Medan Perjuangan, Jalan Sentosa Lingkungan 3 Pulo Brayan Bengkel Medan Timur dan Jalan Tombak Kelurahan Sidorejo Hilir Medan Tembung.

Perbaikan jembatan Jalan Lubuk Kuda simpang Jalan Gabus Sentosa Lama Medan Perjuangan. Perbaikan jalan, di antaranya di Jalan Bersama Gang Pribadi Kelurahan Bantan Medan Tembung, Jalan Cemara Kelurahan Pulo Brayan Darat II Medan Timur dan Jalan Pimpinan Gang Delima Kelurahan Sei Kera Hilir 1 Medan Perjuangan.

Pembangunan, perbaikan dan pengorekan drainase di Jalan Benteng Hulu Gang Haji Daud Linkungan 1Kelurahan Tembung Medan Tembung, Jalan Cemara Gang Jambu Linkungan 1 Kelurahan Pulo Brayan Darat I Medan Timur dan Jalan Kerambik Gang Tengah Kelurahan Pahlawan Medan Perjuangan.

Irwansyah juga menyampaikan permohonan penyediaan TPU bagi umat Kristiani yang berdomisili di wilayah Medan Timur, Medan Perjuangan, Medan Tembung, mengingat TPU Simalingkar B sudah hampir penuh dan jarak tempuh terlalu jauh serta pemagaran lahan pekuburan Muslim di Jalan Bahagia Lingkungan 1 Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Medan Timur.

Anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi PKS, Irwansyah, membacakan laporan Reses 1, Tahun Sidang ke IV, Tahun Anggaran 2023 anggota DPRD dari Dapil I pada sidang paripurna DPRD Kota Medan, Senin (27/2/2023). (foto/dok)

Kepada Dinas Perhubungan, anggota Fraksi PKS itu, meminta melakukan pemasangan dan penggantian lampu jalan di sejumlah lokasi, seperti di Jalan Pukat Banting IV Kelurahan Bantan Medan Tembung, Jalan Gaharu Gang Setyo Negara Lingkungan IV Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Baru Medan Timur dan Jalan Pelita V Gang Kabu Kelurahan Sidorame Barat II Medan Perjuangan.

Kepada Dinas Sosial, anggota Komisi III itu, meminta melakukan pendataan ulang penerima PKH di Jalan Gaharu Kelurahan Gaharu Medan Timur, Jalan Sentosa Lama Kelurahan Sei Kera Hulu Medan Perjuangan dan Jalan Bersama Lingkungan IV Kelurahan Bandar Selamat Medan Tembung, agar yang menerima tepat sasaran dan sesuai buat keluarga kurang mampu.

Anggota DPRD yang melaksanakan Reses :  

1. Netty Yuniarti Siregar (F-Gerindra)

2. Paul Mei Anton Simanjuntak (F-PDIP)

3. Wong Chun Sen (F-PDIP)

4. Modesta Marpaung (F-Partai Golkar)

5. Irwansyah (F-PKS)

6. Edwin Sugesti Nasution (F-PAN)

7. Parlindungan Sipahutar (F-Partai Demokrat)

Anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi PKS, Irwansyah, menyerahkan hasil laporan Reses 1, Tahun Sidang ke IV, Tahun Anggaran 2023 anggota DPRD dari Dapil I kepada Wakil Ketua DPRD, Rajudin Sagala, pada sidang paripurna DPRD Kota Medan, Senin (27/2/2023). (foto/dok)

Dapil IV meliputi Kecamatan Medan Amplas, Medan Area, Medan Denai dan Medan Kota dalam laporannya yang disampaikan, Dedy Aksyari Nasution, meminta Dinas SDABMBK melakukan perbaikan dan pelebaran jalan di sejumlah lokasi, seperti Simpang 3 Menteng/Pasar Merah/Denai Medan Amplas, Jalan Thamrin Kelurahan Sei Rengas II Medan Area, Kelurahan Binjai Medan Denai dan Jalan Pelajar Timur Gang Kelapa Lorong Kenari Kelurahan Binjai Medan Denai.

Melakukan pengaspalan/pembetonan jalan di Jalan Garu, Jalan Bromo, Jalan Denai, Jalan Gedung Arca, Jalan Japaris, Jalan Menteng dan Jalan Turi Medan Kota. Pembangunan dan perbaikan drainase di Jalan Garu III, Jalan Bajak 3, Jalan Bromo, Jalan Pelajar Timur dan Jalan Amaliun. Pengerukan parit dangkal dan tersumbat di Jalan Sisingamangaraja, Jalan Garu III, Jalan Denai, Jalan Bromo Ujung dan Jalan Ramadsyah.

Kepada Dinas Perhubungan, anggota Komisi IV itu, melakukan pemasangan dan perbaikan LPJU di sejumlah lokasi, seperti di Jalan Denai, Jalan Garu II B, Jalan Rawa Cangkuk 4, Jalan Selamat dan Jalan Rahmadsyah. Dinas Sosial diminta melakukan pendataan ulang penerima bantuan PKL dan BLT di Jalan Datuk Kabu Psr III, Jalan Bromo, Jalan Pukat dan Jalan Sisingamangaraja.

Anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi Gerindra, Dedy Aksyari Nasution, membacakan laporan Reses 1, Tahun Sidang ke IV, Tahun Anggaran 2023 anggota DPRD dari Dapil I pada sidang paripurna DPRD Kota Medan, Senin (27/2/2023). (foto/dok)

Untuk program kesehatan, anggota Fraksi Partai Gerindra itu, meminta Pemkot Medan melalui OPD terkait untuk mensosialisasikan lebih terbuka mengenai syarat dan ketentuan untuk dapat menikmati program Universal Health Care (UHC). Sebab, masih banyak masyarakat bingung tentang berobat hanya membawa KTP atau KK.

Anggota DPRD yang melaksanakan Reses :  

1. Ihwan Ritonga (F-Gerindra)

2. Dedy Aksyari Nasution (F-Gerindra)

3. Hasyim (F-PDIP)

4. David Roni Ganda Sinaga (F-PDIP)

5. M. Rizki Nugraha (F-Partai Golkar)

6. Afif Abdillah (F-NasDem)

7. Rudiyanto (F-PKS)

8. Edi Sahputra (F-PAN)

9. Hendra DS (F-HPP)

Anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi Gerindra, Dedy Aksyari Nasution, menyerahkan hasil laporan Reses 1, Tahun Sidang ke IV, Tahun Anggaran 2023 anggota DPRD dari Dapil I kepada Wakil Ketua DPRD, Rajudin Sagala, pada sidang paripurna DPRD Kota Medan, Senin (27/2/2023). (foto/dok)

Dapil V meliputi Kecamatan Medan Maimun, Medan Polonia, Medan Johor, Medan Tuntungan, Medan Selayang dan Medan Sunggal dalam laporannya yang disampaikan, Erwin Siahaan, meminta Dinas SDABMBK melakukan perbaikan jalan di sejumlah lokasi, di antaranya di Jalan Sari Rejo, Jalan Karya Bakti II, Jalan Irigasi, Jalan Bunga Turi dan Jalan Karya Budi.

Selain itu, diminta melakukan pengaspalan/pembetonan/pelebaran jalan di Pajak Melati, Jalan Pintu Air 4, Jalan Empat Lima Sunggal, Jalan Jamin Ginting, Jalan Wakaf, Jalan Brigjen Katamso dan Jalan Bunga Pariama. Melakukan pembuatan/perbaikan drainase di Jalan Irigasi Kwala Bekala, Jalan Seroja Tanjung Selamat, Jalan Bunga Wijaya Medan Selayang dan Jalan Karya Sari Pangkalan Masyur.

Kemudian, pembuatan/pemasangan penutup parit di Jalan Brigjen Katamso, Jalan Luku, Jalan Bunga Turi dan Jalan Antariksa serta pembuatan bronjong Sungai Babura di Jalan AH Nasution.

Anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi HPP, Erwin Siahaan, membacakan laporan Reses 1, Tahun Sidang ke IV, Tahun Anggaran 2023 anggota DPRD dari Dapil I pada sidang paripurna DPRD Kota Medan, Senin (27/2/2023). (foto/dok)

Kepada Dinas Perhubungan, anggota Fraksi HPP itu, meminta untuk melakukan perbaikan dan pengadaan LPJU di Jalan Sunggal Komplek LPP, Jalan Karya Jaya, Jalan Subur Sari Rejo dan Jalan Bunga Herba Sempakata. Kemudian, diminta melakukan perbaikan/pengadaan tiang lampu di Lingkungan 2 Gang Kelapa Sari Rejo Medan Polonia, Jalan Brigjend Hamid Gang Sepakat Titi Kuning Medan Johor dan Jalan Setia Budi Gang Keluarga Tanjung Sari Medan Selayang.

Untuk program kesehatan, Pemkot Medan melalui OPD terkait diminta untuk mensosialisasikan lebih terbuka mengenai syarat dan ketentuan untuk dapat menikmati program Universal Health Care (UHC). Sebab, masih banyak masyarakat bingung tentang berobat hanya membawa KTP atau KK.

Anggota DPRD yang melaksanakan Reses :        

1. Mulia Syahputra Nasution (F-Gerindra)

2. D. Edy Eka Suranta S. Meliala (F-Gerindra)

3. Daniel Pinem (F-PDIP)

4. Johannes H. Hutagalung (F-PDIP)

5. Henri Duin (F-PDIP)

6. M.  Afri Rizki Lubis (F-Partai Golkar)

7. Habiburrahman Sinuraya (F-NasDem)

8. Dhiyaul Hayati (F-PKS)

9. Syaiful Ramadhan (F-PKS)

10. Erwin Siahaan (F-HPP)

11. Sukamto (F-PAN)

12. Burhanuddi Sitepu (F-Partai Demokrat)

Anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi HPP, Erwin Siahaan, menyerahkan hasil laporan Reses 1, Tahun Sidang ke IV, Tahun Anggaran 2023 anggota DPRD dari Dapil I kepada Wakil Ketua DPRD, Rajudin Sagala, pada sidang paripurna DPRD Kota Medan, Senin (27/2/2023). (foto/dok)

Selain ketiga OPD diatas, permintaan masyarakat yang disampaikan dewan dalam laporannya juga ditujukan ke beberapa OPD lainnya, seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan serta BPJS.

Usai semua Dapil menyampaikan hasil laporan Reses-nya, selanjutnya Wakil Ketua DPRD, Rajudin Sagala, menyerahkan hasil laporan Reses itu kepada Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

Rajudin berharap, Pemkot Medan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat menindaklanjuti hasil Reses anggota DPRD agar segera terealisasi.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, menyampaikan sambutan terhadap laporan hasil Reses 1, Tahun Sidang ke IV, Tahun Anggaran 2023 anggota DPRD Kota Medan dari Dapil I sampai V pada sidang paripurna DPRD Kota Medan, Senin (27/2/2023). (foto/dok)

Sementara Wali Kota Medan, Bobby Nasution, dalam sambutannya menyampaikan komitmennya untuk mengakomodir hasil Reses yang di lakukan anggota DPRD. Sebab, hasil Reses merupakan masukan sangat berharga bagi pembangunan kota ke depan.

“Banyak saran dan masukan penting yang strategis, baik bersifat kebijakan maupun program-program pembangunan yang menggambarkan kebutuhan pokok masyarakat. Saya yakin dan percaya, seluruh hasil yang disampaikan merupakan aspirasi bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup sosial, ekonomi serta kesejahteraan masyarakat Kota Medan semakin baik,” ungkapnya.

Dalam mengatasi permasalahan pembangunan kota, kata Bobby, perlu kolaborasi dan sinergi antar lembaga. “Kiranya, kemitraan eksekutif dan legislatif terus di optimalkan, sehingga mampu mewujudkan tujuan-tujuan besar pembangunan Kota Medan,” harap Bobby.

Dalam waktu tidak terlalu lama, sebut Bobby, akan di laksanakan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Medan Tahun 2024. “Kepada seluruh perangkat daerah, agar benar-benar memperhatikan dan memberikan atensi lebih terhadap hasil Reses anggota DPRD dan dapat menampung hasil Reses ini dalam RKPD di tahun 2024,” pinta Bobby. ***semoga***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *