Pj Gubernur Sumut, Hassanudin, berikan bonus kepada atlet penyandang disabilitas
Sport Sumut

Atlet NPC Sumut Terima Tali Asih

Spread the love

Inspirasinews – Medan, Atlet National Paralimpic Committee (NPC) Sumut terima tali asih dari Pj Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin, sebesar Rp3,1 miliar di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Medan, Jumat (5/4/2024).

Atlet NPC Sumut terima tali asih itu diberikan kepada para atlet yang meraih prestasi di Asian Paragames ke IV dan Asean Paragames XII. Ada tujuh atlet berhasil meraih prestasi di Asian Paragames ke IV tahun 2023 di Hangzou dan 16 atlet di Asean Paragames 2023 di Kamboja. Selain itu, juga diberikan bonus kepada pelatih senilai Rp175 juta untuk kedua event internasional tersebut.

“Kami dari pemerintah akan mendorong dan mendukung penuh, dan berpartisipasi untuk memajukan atlet-atlet difabel kita, apalagi dalam waktu dekat kita akan menjadi tuan rumah Peparnas, mudah-mudahan ini menjadi penyemat bagi atlet-atlet difabel kita,” kata Hassanudin.

Hassanudin berharap, para atlet penyandang disabilitas agar bisa meraih prestasi lebih baik di Peparnas 2024. Event nasional tersebut, menurut Hassanudin, menjadi sangat penting karena Sumut, akan menjadi tuan rumah.

“Harapan kita prestasi yang diraih di Peparnas 2024 lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, karena kita akan menjadi tuan rumah, prestasi di PON 2024 ditambah prestasi Peparnas akan mengharumkan nama provinsi kita,” kata Hassanudin, di dampingi Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Sumut Baharuddin Siagian.

Sementara Ketua NPC Indonesia Sumut, Alan Sastra Ginting, mengatakan  atlet Sumut meraih 8 medali emas, 5 perak dan 4 perunggu di Asian Para Games 2024. Sedangkan untuk Asean Para Games atlet Sumut meraih 20 medali emas, 17 perak dan 12 perunggu.

Pada Asian Para Games cabang olahraga catur menyumbangkan delapan medali emas, 2 perak dan 2 perunggu dan atletik menyumbangkan 2 perak dan 1 perunggu. Di Asean Para Games cabor Atletik menyumbang 12 medali emas, 5 perak dan 5 perunggu, catur menyumbangkan 5 emas, 10 perak dan 7 perunggu. Kemudian angkat berat 1 perak 2 perunggu, Judo 3 emas dan voli duduk 1 perak.

“Apresiasi dari Gubernur kita luar biasa tentu ini akan menjadi motivasi bagi kita semua untuk berlaga di level internasional mapun nanti peparnas di tahun ini,” kata Alan.

Ditanya terkait persiapan untuk Peparnas 2024, Alan, memastikan atlet-atlet Sumut siap memberikan yang terbaik. “Secara umum kita sudah siap, tinggal nanti atlet-atlet yang berpotensi meraih banyak medali kita lebih fokuskan lagi,” terang Alan. (sat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *