Wali Kota Medan, Bobby Nasution dan Ketua PKK, Kahiyang Ayu, saksikan lomba masak menu stunting
Medan

Pesan Bobby, Terus Berikan Edukasi Cara Tangani Stunting

Spread the love

Inspirasinews – Tuntungan, Wali Kota Medan, Bobby Nasution, pesan terus berikan edukasi cara tangani stunting kepada masyarakat.

“Saya melihat banyak menu masakan dibuat untuk mencegah stunting, baik itu untuk ibu sedang hamil maupun anak penderita stunting. Jadi, tidak hanya sekadar demo memasak saja, tetapi bagaimana kita dapat mengajarkan kepada masyarakat mengenai penanganan stunting yang benar, sehingga masyarakat dapat mempraktekannya di rumah,” harap Bobby.

Bobby pesan terus berikan edukasi cara tangani stunting itu saat bersama Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu, menghadiri Lomba Masak Menu Stunting di Lapangan Segi Tiga, Jalan Kemenyan Raya, Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan, Selasa (15/8/2023).

Dalam lomba masak menu stunting itu, sebanyak 15 tim menunjukkan kebolehanya dalam mengolah berbagai bahan masakan menjadi menu makanan bergizi tinggi, namun dengan bahan baku relatif mudah didapat.

Ketua TP PKK Kelurahan Mangga, Yohana Optima Manalu, yang ikut dalm lomba masak menyebutkan kelompoknya memasak menu stunting berupa Sigule (singkong gulung lele).

“Bahan bakunya singkong, rumput laut dan ikan lele. Kita ambil karbohidratnya dari singkong, proteinya dari ikan lele dan digulung dengan rumput laut,” jelasnya.

Selain masakan Sigule, sebut Yohana, kelompoknya juga memasak sop sayur, nugget tempe, pudding buah dan susu kedelai. Yohana meyakini, menu-menu tersebut dapat membantu memenuhi gizi anak, sehingga dapat mencegah terjadinya stunting.

“Dengan adanya menu sehat ini, ibu-ibu anaknya menderita stunting dapat mempraktekan di rumah, sehingga pertumbuhan anak kita semakin baik,” harapnya.

Sementara Camat Medan Tuntungan, Hendra Arjudanto, menyampaikan lomba memasak menu stunting diikuti 15 tim terdiri dari 9 Kelurahan, 2 Puskesmas, PLKB, Bhayangkari, Persit dan Poltekkes Medan.

“Semua menu yang dimasak peserta akan menjadi pilihan bagi orang tua anak-anak stunting memilih menu seperti apa yang murah dan mudah untuk dipraktekan di rumah,” kata Hendra.

Semua menu stunting yang telah dimasak, sebut Hendra, nantinya akan di jadikan satu buku menu masakan. “Nantinya buku tersebut akan dibagikan kepada seluruh masyarakat di Kecamatan Medan Tuntungan, sehingga dapat menjadi informasi dan edukasi bagi masyarakat menyajikan masakan bergizi untuk mencegah stunting,” jelas Hendra. (sat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *