Wali Kota Medan, Bobby Nasution, berikan sambutan pada Lomba Masak Menu Stunting di Kecamatan Medan Tuntungan
Medan

Bobby Apresiasi Penanganan Stunting di Medan Tuntungan

Spread the love

Inspirasinews – Tuntungan, Wali Kota Medan, Bobby Nasution, apresiasi penanganan stunting di Medan Tuntungan, karena melakukan kolaborasi dengan stakeholder dan klinik dalam percepatan penanganan stunting.

Bobby apresiasi penanganan stunting di Medan Tuntungan itu saat menghadiri Lomba Masak Menu Stunting di Lapangan Segi Tiga, Jalan Kemenyan Raya, Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan, Selasa (15/8/2023).

Upaya yang di lakukan Kecamatan Medan Tuntungan, kata Bobby, sangat mendukung Pemkot Medan dalam menangani stunting. Sebab, stunting masih menjadi persoalan krusial, bukan hanya angka tetapi juga dampaknya. “Jika angka anak stunting ini tidak terus ditekan, maka akan mempengaruhi cita-cita bangsa menjadikan Indonesia emas di tahun 2045,” katanya.

Saat ini, sebut Bobby, Kota Medan berhasil menekan angka anak penderiita stunting menjadi 298 anak dari sebelumnya 550 anak. “Jumlah anak stunting ini dapat terus kita tekan dan cegah mulai dari sejak ibu hamil,” harapnya.

Sementara Camat Medan Tuntungan, Hendra Arjudanto, menyampaikan program kerja sama dengan bapak asuh stunting dan klinik asuh stunting merupakan yang pertama digagas, sebagai bentuk dukungan terhadap program bapak asuh stunting.

“Dalam kolaborasi ini kita, menggandeng stakeholder sebagai bapak asuh stunting serta klinik swasta sebagai klinik asuh stunting. Nantinya akan membantu Puskesmas dalam menangani stunting di Kecamatan Medan Tuntungan,” kata Hendra.

Saat ini, sebut Hendra, jumlah anak stunting di Kecamatan Medan Tuntungan sebanyak 11 orang. “Jadi, yang menjadi bapak asuh stunting 11 orang dan klinik asuh stunting 8 klinik,” ujarnya.

Bapak asuh stunting, sambung Hendra, nantinya akan membantu memberikan dukungan dana. “Dana itu akan dikelolah oleh kader stunting untuk dibelikan bahan baku makanan dan dimasak. Setelah itu akan disalurkan ke rumah-rumah anak penderita stunting selama enam bulan ke depan,” jelas Hendra.

Sedangkan klinik asuh stunting, tambah Hendra, bertugas memberikan pelayanan kesehatan tehadap anak penderita stunting. “Artinya, jika ada anak stunting mengalami sakit, maka dapat langsung dibawa ke klinik asuh stunting untuk mendapatkan perawatan secara gratis,” katanya.

Pada kesempatan itu, Bobby di dampingi Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu, memberikan bantuan sembako dan bibit daun kelor kepada orang tua anak penderita stunting. Selain itu, juga diberikan penghargaan kepada bapak asuh stunting serta klinik asuh stunting di Kecamatan Medan Tuntungan. (sat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *