Inspirasinews – Tebingtinggi, Penjabat (Pj) Wali Kota Tebingtinggi, Muhammad Dimiyathi, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Mall Pelayanan Publik (MPP), Selasa (27/9/2022).
Dimiyathi menjelaskan, sidak yang di lakukan untuk melihat langsung pelayanan publik yang diberikan kedua instansi itu. Menurut Dimiyathi, pelayanan di Disdukcapil sudah berjalan dengan ketentuan. Namun, masih terdapat kendala dengan server pusat, sehingga menimbulkan perlambatan pada proses pencetakan dokumen.
“Yang sifatnya cetak-cetak ulang masih bisa berjalan. Yang sifatnya update ataupun perubahan data penduduk, ini yang mengalami kendala. Walaupun masih bisa input, tetapi tidak bisa langsung keluar data terbarunya. Biasanya sekitar 10 menit bisa keluar, saat ini masyarakat harus menunggu. Saya rasa itu tidak menjadi kendala, Kemendagri tentunya akan cepat mengatasi masalah ini,” ungkapnya
Untuk di MPP, kata Dimiyathi, pelayanan berlangsung baik. “Kita sidak ke MPP, karena salah satu ikon Kota Tebingtinggi. Gerai-gerainya masih terbuka untuk melayani. Kita cek tadi sampai jam 11.00 WIB, jumlah pengunjung sudah di atas 75 orang. Kita lihat masih ada menunggu dalam antrian untuk mendapatkan pelayanan,” jelasnya.
Pelayanan terbanyak, kata Dimiyathi, masih di dominasi oleh BPJS dan Disdukcapil serta gerai Samsat. “Kepada Kadis yang menangani kedua palayanan publik ini, bisa lebih meningkatkan pelayanan yang diberikan,” pintanya. (sat)