Ketua KONI Pematangsiantar, Jayadi Sagala, saat poadcast bersama KONI Sumut
Sport

PON 2024, Pematangsiantar Ingin Jadi Tuan Rumah Terbaik

Spread the love

Inspirasinews – Medan, Pematangsiantar ingin jadi tuan rumah terbaik pada gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024. Karena itu, Kota Pematangsiantar serius mempersiapkan diri demi suksesnya event olahraga nasional itu.

Pematangsiantar ingin jadi tuan rumah terbaik pada gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 itu disampaikan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pematangsiantara, Jayadi Sagala, saat Poadcast bersama COPI Sumut, Minggu (2/6/2024).

Jayadi mengatakan, Kota Pematangsiantar terpilih sebagai lokasi pertandingan cabang olahraga tinju. Saat ini, kata Jayadi, pembangunan Gedung Olahraga (GOR) sebagai venue pertandingan tinju sudah mencapai 85 persen.

“Kami sudah cek kesiapan GOR Pematangsiantar. Kondisi bangunan di dalam hampir finishing. Atap juga dikerjakan, dudukan di atas sudah siap. Jadi, tinggal naikkan aja ke atas. Target, Juni ini tinggal moles kekurangan saja, karena kami ingin menjadi tuan rumah terbaik,” kata Jayadi.

Awalnya, sebut Jayadi, GOR Pematangsiantar dirobohkan dan dibangun ulang untuk persiapan PON. “GOR indoor tipe B ini nantinya akan di maksimalkan dari segi entertain dan olahraga. Di lantai bawah ada pusat perbelanjaan, sedangkan di atas ada tempat olahraga,” sebutnya.

Jayadi mengaku, senang dengan pembangunan GOR tersebut. Apalagi dukungan Pemkot Pematangsiantar sangat positif dengan mendorong seluruh pihak terkait untuk segera merampungkan pembangunan.

“Pemko sangat antusias. GOR ini diminta jangan sampai gagal dan harus di maksimalkan buat Siantar menjadi tuan rumah terbaik,” katanya.

Jayadi juga meminta pelaku olahraga di Pematangsiantar untuk memaksimalkan kesempatan menjadi tuan rumah. “Ini saatnya kami buktikan, karena 100 tahun lagi belum tentu Siantar jadi tuan rumah lagi. Jadi, harus di manfaatkan momentum ini. Kalau ada pendatang, mari kita sambut. Hilangkan image buruk akan Siantar,” imbaunya.

Persipan Pematangsiantar menjadi tuan rumah pada gelaran PON 2024, sambung Jayadi, sudah berjalan. Beberapa hotel sudah dibangun. Belum lagi kuliner yang siap memanjakan pendatang. “Ini juga jadi momentum bagi kami mengenalkan budaya,” tuturnya.

Selain persiapan jadi tuan rumah, tambah Jayadi, Pematangsiangar juga ingin menyumbang prestasi di PON 2024. “Ada 24 atlet dan 4 pelatih masuk Pelatda PON Sumut. Jika pada PON sebelumnya hanya ada 4 atlet kita di PON. Sekarang ada 24 atlet dari 16 cabang olahraga. Artinya, proses itu membuahkan hasil,” katanya.

Terkait target hingga peluang meraih medali, Jayadi, menilai datang dari cabor biliar dan renang (alam bebas). “Biliar pasti emas lewat Punguan Hasiholan Sihombing. Bukan mendahului Tuhan, tapi saat ini dia nomor 1 di Indonesia. Dia main tiga nomor, semoga salah satu emas. Mohon doa restu dari warga dan pelaku olahraga Siantar, agar tlet kita ini bisa berprestasi. Apapun, ceritanya di dalam perjuangan harus tetap dibawa dalam doa,” pintanya. (sat/prc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *