Pj Gubernur Sumut, Hassanudin, buka MTQ ASN di Perumda Tirtanadi
Sumut

Buka MTQ Antar Instansi, Pj Gubsu Apresiasi Kolaborasi Tirtanadi dengan IPQAH Sumut

Spread the love

Inspirasinews – Medan, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Hassanudin, apresiasi kolaborasi Tirtanadi dengan Ikatan Persaudaraan Qari/Qariah dan Hafiz/Hafizah (IPQAH) Sumut.

Pj Gubsu apresiasi kolaborasi Tirtanadi dengan IPQAH Sumut itu disampaikannya saat membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ASN non ASN, lintas instansi BUMN/BUMD, Dunia Usaha, Dunia Industri, TNI dan Polri di Masjid Ma’ul Hayah Perumda Tirtanadi, Jalan Sisingamangaraja Medan, Kamis (28/3/2024).

“Saya sangat mendukung gagasan bagus kolaborasi Perumda Tirtanadi bersama IPQAH Sumut. Ke depan, kegiatan serupa bisa terus di laksanakan di instansi lainnya,” kata Hassanudin.

Kegiatan seperti ini, kata Hassanudin, sangat bermanfaat untuk meningkatkan syiar Islam serta mendorong umat Islam untuk meningkatkan pengetahuan dalam memahami isi dan makna maupun seni dalam membaca Al Qur’an.

Sejatinya, sebut Hassanudin, pelaksanaan MTQ dapat meningkatkan jejak-jejak peradaban yang di tandai berubahnya pola pikir, kebiasaan maupun karakter dengan pemikiran lebih maju di masa akan datang.

“Majunya suatu peradaban itu di tandai dengan meningkatnya Sumber Daya Mansuia (SDM) yang tidak hanya dilihat dari akademiknya, akan tetapi harus selaras dengan ilmu agamanya,” ujar Hassanudin.

Hassanudin berharap, MTQ yang digelar ini dapat membangkitkan spirit dan energi bagi seluruh lapisan masyarakat, kiranya dapat mengamalkan isi Alqur’an pada seluruh lini kehidupan.

Kepada para peserta, Hassanudin, berpesan dapat menjadikan momen MTQ untuk lebih meningkatkan pengetahun serta mengamalkan isi Al Qur’an di tempat kerja masing-masing. Dalam kesempatan itu, Pj Gubsu memberikan hadiah umroh kepada pemenang terbaik.

Sementara Direktur Utama Perumda Tirtanadi, Kabir Bedi, mengatakan kegiatan MTQ akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 29 hingga 31 Maret 2024.

Kabir Bedi berharap, pelaksanaan MTQ antar lintas instansi dapat menarik minat masyarakat untuk lebih mengembangkan kemampuan bacaan seni Al Qur’an dengan baik dan benar.

“In Syaa Allah, sebagaimana harapan Pak Pj Gubsu tadi, event seperti ini menjadi rutinitas Tirtanadi dan akan terus berlanjut. Semoga instansi lain dapat juga melaksanakannya,” harap Kabir Bedi.

Kabir Bedi juga berharap, dari MTQ antar instansi ini akan lahir qori dan qoriah maupun hafiz/hafizah terbaik di Sumatera Utara yang mampu bersaing dan mengharumkan nama Sumatera Utara di tingkat nasional maupun internasional.

Sedangkan Ketua DPW IPQAH Sumut, Asren Nasution, melaporkan MTQ diikuti 135 peserta, terdiri dari 35 orang ASN, 55 non ASN, 25 orang BUMN/BUMD serta 5 orang TNI dan 12 orang Polri.

Pembukaan MTQ di tandai dengan penyematan tanda peserta oleh Pj Gubsu kepada perwakilan peserta, yakni Serda Nugroho Abdi Siswoyo dari TNI, Bripda Muhammad Habib Nasution Alhafiz dari Polri serta Rahmat Lubis dari Perumda Tirtanadi.

Hadir pada pembukaan itu Dewan Pengawas Tirtanadi Silmi, Kepala OPD Pemprovsu, Direktur Admistrasi dan Keuangan Tirtanadi Humarkar Ritonga, Direktur Air Minum Ewin Putera, Direktur Air Limbah Fauzan Nasution, para Kadiv, Kabid dan pegawai Tirtanadi serta undangan lainnya. (sat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *