Ilustrasi Investasi
Ekbis Sumut

Realisasi Investasi Sumut Capai Rp22,2 Triliun

Spread the love

Inspirasinews – Medan, Realisasi investasi Sumatera Utara (Sumut) capai Rp22,2 triliun lebih pada semester pertama (Januari-Juli) tahun 2023.

Realisasi investasi Sumut capai Rp22,2 triliun lebih itu disampaikan Pj Gubernur Sumut, Hassanudin, saat memimpil apel pagi di Halaman Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Senin (11/9/2023).

Hassanudin berharap, realisasi investasi di Sumatera Utara terus meningkat, dengan berbagai kemudahan investasi dan melalui inovasi digitalisasi. “Investasi atau penanaman modal merupakan pembentukan ekonomi suatu daerah selain konsumsi rumah tangga, belanja pemerintah,ekspor dan impor,” katanya.

Untuk semester pertama tahun 2023 atau periode Januari-Juni, sebut Hassanudin, realisasi investasi Sumut tercatat mencapai Rp22, 2 triliun. Angka ini mengalami peningkatan sebesar 15,75%  di bandingkan periode yang sama tahun 2022 (year on year) dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 32.403 orang.

Realisasi investasi tersebut pada sektor listrik, gas dan air sebesar Rp3,55 triliun, industri makanan sebesar Rp3,38 triliun, industri kimia dan farmasi sebesar Rp3,05 triliun, transportasi, gudang dan telekomunikasi sebesar Rp2,84 triliun serta pertambangan Rp2,33 triliun.

Menurutnya, peningkatan ini juga karena didukung oleh SDM dan regulasi yaitu hadirnya Perda Nomor 3 Tahun 2023 tentang pemberian insentif dan kemudahan investasi daerah.

“Tren positif ini memberi sinyal, bahwa Sumut merupakan daerah yang layak untuk menarik lebih banyak lagi investor untuk berinvestasi, terutama pada proyek-proyek strategis yang ada di Sumut,” harapnya.

Untuk itu, Hassanudin, berharap jajar ASN di lingkungan Pemprov Sumut untuk saling bersinergi, tidak saja bidang investasi tapi bidang-bidang lainnya untuk mendukung kesuksesan pembangunan di Sumut.

“Kita harus adaptif, saling berkolaborasi, kita jaga kepercayaan investor, hilangkan stigma ‘kalau bisa dipersulit kenapa dipermudah’, efisiensi birokrasi. Kita berikan pelayanan terbaik kepada masyararakat sesuai peran kita masing-masing,  bukan hanya slogan,” harapnya. (sat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *