Ketua Kodrat Kota Medan, Bobby O Zulkarnain, foto bersama dengan para atlet dan Kepsek SMAN 21 Medan
Sport

Tarung Derajat akan Jadi Materi Ekskul di SMAN 21 Medan

Spread the love

Inspirasinews – Medan, Tarung Derajat akan jadi materi ekskul (ekstrakulikuler) di SMA Negeri 21 Medan.

Tarung Derajat akan jadi materi ekskul di SMA Negeri 21 Medan itu disampaikan Kepala Sekolah SMA Negeri 21 Medan, Riko Marbun, usai menyaksikan atraksi atlet Tarung Derajat di SMAN 21 Medan, Jumat (11/8/2023).

Riko mengapresiasi kehadiran Tim Tarung Derajat ke SMAN 21 Medan. Dia pun mengajak para siswa untuk ikut melestarikan seni bela diri nusantara tersebut. “Kita sebagai warga negara wajib melestarikan seni bela diri ini sebagai warisan budaya nusantara,” katanya.

Riko menilai, kehadiran Tarung Derajat di kalangan pelajar cukup positif, sehingga dengan kemampuan Tarung Derajat bisa mengatasi gangguan di jalan.

“Anak-anak yang suka bela diri silahkan ikut. Kita akan buka ekskul secara resmi di SMAN 21. Apalagi, salah seorang guru di sekolah ini, Mauris Pandapotan Sinnaga, merupakan pelatih Tarung Derajat,” kata Riko di dampingi Wakepsek Bidang Kesiswaan July Fitriana Nasution, staf Wakepsek Lusiana Rumapea serta para guru lainnya.

Sementara Ketua Kodrat Kota Medan, Bobby Oktavianus Zulkarnain, mengatakan pihaknya saat ini sedang intens melakukan pengenalan Tarung Derajat di kalangan pelajar melalui roadshow ke sekolah-sekolah di Kota Medan.

Tarung Derajat, kata Bobby, bukan hanya soal bela diri semata, tetapi juga mengarahkan petarung untuk lebih bijaksana dalam kesehariannya.

“Tarung Derajat bukan untuk mendorong perkelahian. Justru, lebih pada pelajaran bagaimana bisa menahan diri dan mendewaskan diri, sehingga para pelajar atau remaja tidak terdorong untuk ikut tawuran. Artinya, mereka bertarung membela diri kalau memang situasi mengharuskan,” kata Bobby.

Ilmu bela diri itu, sebut Bobby, banyak manfaat, antara lain untuk meningkatkan kebugaran dan stamina tubuh. “Tarung Derajat, selain bisa untuk membela diri juga bisa meningkatkan kesegaran dan stamina tubuh,” kata Bobby di hadapan Kepsek, guru dan pelajar.

Bobby menambahkan, pihaknya saat ini sedang fokus membuka satuan latihan di sekolah sekolah, sehingga seni bela diri Tarung Derajat bisa di kenal di kalangan para pelajar. “Terima kasih, kami diberi kesempatan memperkenalkan seni bela diri Tarung Derajat di SMAN 21 Medan ini,” ucap Bobby.

Sebelumnya sejumlah atlet Pelatda Sumut untuk Tarung Derajat menuju PON XXI/2024 Aceh-Sumut melakukan atraksi di hadapan siswa SMAN 21 Medan. Para atlet memperagakan berbagai gerakan seni bela diri asli nusantara tersebut.

eorang petarung derajat wanita (teteh/panggilan untuk petarung wanita, red) melakukan atraksi bela diri bagaimana cara menghadapi kejahatan di jalanan dengan menggunakan pukulan dan tendangan.

Kemudian atraksi “garang” oleh para petarung pria (kakang, red) melakukan seni gerakan indah penuh tenaga serta cocok untuk pertarungan di jalanan. Atraksi tersebut mendapat sambutan meriah dari siswa SMAN 21.

Apalagi, para atlet bertarung “full contact”, sehingga terkesan siswa SMAN 21 Medan sedang menyaksikan “perkelahian” secara langsung. Atraksi tersebut mendapat sambutan meriah dan penuh histeris dari para pelajar. (rel/sat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *