Ketua Dekranasda Sumatera Utara, Nawal Lubis, membuka Yapmode Fashion Festival 2023
Ekbis Sumut

Nawal Lubis Ingatkan Desainer Tak Lupakan Wastra Sumut

Spread the love

Inspirasinews – Medan, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumut, Nawal Lubis, ingatkan desainer tak lupakan wanstra Sumut sebagai warisan budaya yang bisa di kenal dan bisa bernilai ekonomi tinggi.

“Fashion yang paling baik adalah menciptakan perpaduan antara yang tradisional dan modren,” kata Nawal Lubis.

Nawal Lubis ingatkan desainer tak lupakan wanstra Sumut itu disampaikannya saat membuka Yapmode Fashion Festival 2023 di Medan, Sabtu (20/5/2023).

Fashion, kata Nawal Lubis, merupakan salah satu industri kreatif yang mampu menopang kekuatan ekonomi, karena jenis industri ini bisa bertahan menghadapi perubahan apapun, seperti pandemi Covid-19 yang lalu.

“Industri kreatif ini (fashion) mampu menopang ekonomi masyarakat, salah satunya dengan adanya perluasan kesempatan bekerja,”  ujar  Nawal Lubis.

Nawal Lubis berharap, Yapmode Fashion Festival bisa memotivasi masyarakat untuk menjadi desainer-desainer handal  asal Sumut, yang mampu memanfaatkan kekayaan sumber daya alam, budaya dan sumber daya manusia.

“Sumut memiliki kekayaan, saya berharap para desainer dalam berkreasi dan berinovasi bisa memperhatikan wastra Sumut sebagai warisan budaya yang bisa dikenal dan bisa bernilai ekonomi tinggi. Karena fashion yang paling baik adalah menciptakan perpaduan antara yang tradisional dan modren,” harap Nawal Lubis.

Nawal juga berpesan, kepada para desainer muda yang telah menyelesaikan pendidikannya di Yapmode Fashion School untuk terus berinovasi dan berkreasi, mengangkat wastra-wastra asli Sumut.

“Saya titipkan wastra Sumut, di tangan kalianlah wastra ini bisa bernilai tinggi dan dikenal hingga tingkat nasional dan internasional, jangan lupakan Sumut, di manapun kalian berada,” harap Nawal.

Founder Yapmode Fashion School, Yuni  Pohan, mengatakan kegiatan ini merupakan program tahunan yang telah di laksanakan  sejak tahun 2019, untuk memotivasi siswa Yapmade berkreasi. Untuk tahun ini mengangkat tema ‘Space (angkasa)’ dalam konsep visualisasi peragaan busananya.

“Tahun ini kita mengangkat tema angkasa di mana kita visualisasi peragaan busana yang dibawa 37 siswa kita, mulai dari konsep langit, iklim mol, untuk mengingatkan dan nengedukasi bagaimana kita menjaga dan melestarikan bumi ini,” jelas Ketua Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Sumut itu.

Yapmode Fashion Festival 2023 mengusung tema “Space (angkasa)”. Ajang kompetisi para desainer itu menghadirkan 37 desainer muda.

Hadir pada kegiatan itu Ketua Dekranasda Kabupaten Batubara Maya Indriasari Zahir, Ketua Seksi Kebudayaan Persit KCK Daerah I Bukit Barisan Mery Rafiq Yusuf, Kolektor Ulos Torang Sitorus, Pengamat fashion Mrs Katamo, Miss Supraglobal 2022 Ryzia Nabila Sitorus dan orang tua siswa/siswi dan alumni Yapmode Fashion School. (sat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *