Seminar bagi hasil perkebunan dalam rangka HPN 2023 di Medan
Sumut Umum

Pemprov Sumut Harapkan DBH Sawit Bisa Lebih Besar Lagi

Spread the love

Inspirasinews – Medan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berharap alokasi Dana Bagi Hasil (DBH) sawit tahun 2023 bisa lebih besar lagi, terutama untuk daerah yang besar produksi sawit dan dampak negatifnya.

Menurut Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sumut,  Ismael P Sinaga, nilai cukai ekspor sawit Sumut dari tahun 2017 hingga 2022 sebesar Rp6,7 triliun, sedangkan untuk ekspornya Rp64 triliun. “Mudah-mudahan slot ini tumbuh dan berkembang, dihitung kembali berapa persen sebenarnya yang akan dibagikan ke daerah,” katanya.

Hal ini dikatakan, Ismael P Sinaga, saat Seminar DBH Perkebunan dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan, Rabu (8/2/2023).

Saat ini, Kementerian Keuangan RI sedang membahas Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) untuk menentukan besaran DBH perkebunan sawit kepada masing-masing daerah penerima. Ismael berharap bisa selesai sebelum bulan Juli.

“Kita sangat berharap selesai sebelum bulan Juli, sebelum P-APBD, sehingga bisa dicantumkan pemerintah daerah pada saat pembahasan di DPRD, jadi kita bisa pengalokasiannya lebih efektif dan efisien,” terang Ismael.

Di ketahui, Kementerian Keuangan RI telah mengalokasikan Rp3,4 triliun untuk DBH dari sektor perkebunan sawit di APBN 2023. Ini kemudian dibagi kepada daerah-daerah penghasil sawit dan juga daerah tetangga yang terkena dampak industri sawit. (sat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *