Medan

Gencar Laksanakan Vaksinasi, Bobby Nasution Terus Berupaya Lindungi Warga Agar Tak Terpapar Covid-19

Spread the love

Inspirasinews – Medan, Wali Kota Medan, M. Bobby Afif Nasution, terus berupaya melindungi warganya agar tidak terpapar Covid-19 dengan gencar melaksanakan vaksinasi, termasuk vaksinasi untuk kalangan pelajar.

Langkah ini di lakukan, karena vaksinasi merupakan salah satu cara untuk dapat membentuk herd immunity sehingga dapat menjaga imunitas tubuh seseorang, apalagi di Kota Medan saat ini sudah berlangsung Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Bobby menargetkan, cakupan vaksinasi pelajar sebanyak 5.000 siswa di vaksin setiap harinya. “Persentase vaksinasi Kota Medan untuk pelajar sudah mencapai 90 persen lebih. Dengan jumlah ini, tentunya Kota Medan sudah mencapai target yang di tetapkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Selain itu, Kota Medan juga masuk sebagai daerah tertinggi vaksinasi pelajar,” ungkap Bobby Nasution di Balai Kota Medan, baru-baru ini.

Akselerasi percepatan vaksinasi bagi pelajar, kata Bobby, terus didorong untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah. “Percepatan vaksinasi ini di lakukan untuk memberikan perlindungan bagi pelajar,” ujarnya.

Pemkot Medan, sebut Bobby, hanya melakukan vaksinasi pelajar tingkat SMP/sederajat. Sedangkan pelajar SMA/sederajat di bawah kewenangan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu), sehingga vaksinasi di lakukan oleh Pemprovsu.

“Meskipun pelajar SMA di bawah kewenangan Pemprovsu, kami (Pemkot Medan, red) siap membantu dan memfasilitasi vaksinasi pelajar SMA. Ini di lakukan untuk memberi perlindungan bagi pelajar yang sudah melaksanakan PTM, sehingga dapat mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah,” jelas Bobby.

Bobby mengaku, dirinya telah meminta Dinas Kesehatan Kota Medan dan juga Dinas Pendidikan Kota Medan untuk mempersiapkan logistik vaksinasi dan berkoordinasi dengan Pemprovsu, sehingga pelajar SMA/sederajat dapat segera di vaksin.

Sementara Plt Kadis Kesehatan Kota Medan, dr Mardohar Tambunan, yang dikonfirmasi wartawan, Selasa (30/11/2021) mengatakan Pemkot Medan siap membantu dan memfasilitasi vaksinasi pelajar SMA.

“Sesuai arahan Bapak Wali Kota, kami siap. Saat ini upaya yang di lakukan adalah mempersiapkan logistik vaksinasi dan melakukan koordinasi dengan Pemprovsu. Kami (Dinas Kesehatan, red) telah menyediakan dan mempersiapkan segala bentuk dukungan, seperti logistik vaksin dan tenaga kesehatan,” ungkap Mardohar.

Selain mempersiapkan logistik, sebut Mardohar, pihaknya juga akan melakukan penyesuaian dan pengambilan data dari Dinas Pendidikan Kota Medan dan Dinas Pendidikan Sumut. “Setelah mereka tentukan SMA mana yang akan di lakukan vaksinasi, nantinya kita langsung melakukan vaksinasi,” ujar Mardohar. (sat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *