Inspirasinews – Medan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatikan (Kominfo) Kota Medan, Zain Noval, mengharapkan sekaligus mengajak seluruh kecamatan di Kota Medan harus memanfaatkan media sosial serta mengaktifkan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) dan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR), sehingga segala saran, masukan serta kritikan yang disampaikan dapat segera direspons secara cepat demi memberi kenyamanan bagi masyarakat.
Harapan dan ajakn itu disampaikan, Zain Noval, Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial dan Aplikasi SP4N dan LAPOR kepada seluruh Sekretaris Camat (Sekcam) se-Kota Medan di Kantor Dinas Kominfo, Jalan Sidorukun Medan, Selasa (3/9/2019).
Sebagai pejabat publik yang memiliki tanggungjawab untuk memberikan pelayan terbaik bagi masyarakat, kata Noval, diperlukan media sosial dan aplikasi pelayanan publik untuk membantu sekaligus memudahkan tugas di wilayah masing-masing.
“Sosisalisasi ini dapat memberikan pemahaman bagi kita semua tentang cara penggunaan dan prosedur dalam pengaplikasiannya khususnya dalam merespons aduan dan keluhan warga,’’ harap Noval.
Apalagi, sebut Noval, saat ini Indonesia telah memasuki era 4.0, sehingga semua pihak termasuk pelayan publik harus dapat mengikuti arus kemajuan zaman tersebut.
Karenanya, Noval, berharap setiap kecamatan dapat memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk menyampaiakan setiap program yang dimiliki agar masyarakat dapat mengetahui seluruh informasi yang ada terkait Pemko Medan.
“Kami berharap agar setiap kecamatan meng-update informasi dan kegiatan yang dilakukan. Dengan demikian, media sosial tersebut dapat berjalan dan berguna secara efektif sebagai sarana edukasi, informasi dan menampung aspirasi,” katanya.
Selain itu, Noval, juga berharap setiap kecamatan dapat meng-input data terkait Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) serta mengafktifkan SP4N LAPOR yang di miliki masing-masing kecamatan dengan meng-upload data-data terkait dengan PPID. (insp01)