Sumut

Kadiv Umum: Tak Ada Monopoli Pekerjaan di Tirtanadi!

Spread the love

Inspirasinews – Medan, Kepala Divisi (Kadiv) Umum Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirtanadi, Haslinda Nasution, menegaskan tak ada monopoli pekerjaan di Tirtanadi. Semua pekerjaan diterima oleh rekanan sudah sesuai pada Daftar Rekanan Terseleksi (DRT) dikeluarkan oleh Unit Layanan Pengadaan (ULP).

Haslinda Nasution menegaskan, tak ada monopoli pekerjaan di Tirtanadi itu disampaikannya kepada wartawan di Medan, Kamis (13/11/2025). “Seluruh penerima pekerjaan adalah yang dinyatakan terdaftar dalam DRT. Hal ini sesuai dengan aturan berlaku,” katanya.

Sementara Ketua Ikatan Kekeluargaan Antar Rekanan (IKRAR) Perumda Tirtanadi, Harist Lubis, mengatakan hingga saat ini pengadaan barang dan jasa di Perumda Tirtanadi sudah sesuai dengan ketentuan berlaku.

Sebelumnya Dirut Perumda Tirtanadi, Ardian Surbakti, menyampaikan saat ini Perumda Titanadi memiliki 20 cabang pelayanan terdiri dari dua (2) zona. Zona 1 terdapat 14 cabang pelayanan di Kota Medan, termasuk Sibolangit dan Berastagi. Zona 2 terdapat 6 cabang pelayanan di Kabupaten Toba, Samosir, Tapanuli Selatan, Nias Selatan dan Nias Utara serta Padanglawas Utara (Paluta).

Hingga September 2025, sebut Ardian, pengolahan air dari zona 1 dan 2 menghasilkan 8.091 liter/detik. Sedangkan total pendapatan sampai September 2025 sebesar Rp669 miliar. “Dari jumlah pendapatan itu, pengeluaran untuk biaya operasional sebesar Rp582 miliar lebih, sedangkan laba hingga triwulan III 2025 tercatat sebesar sekitar Rp87 miliar lebih (sebelum pajak),” sebut Ardian beberapa waktu lalu.

Berdasarkan hasil audit membukukan pada tahun 2024, sambung Ardian, pendapatan Perumda Tirtanadi sebesar Rp879 miliar, biaya operasional Rp790 miliar, pajak penghasilan badan Rp21 miliar dan laba bersih Rp67 miliar. “Perumda Tirtanadi telah memberikan konstribusi kepada Pemprov Sumut melalui setoran PAD sebesar Rp35 miliar,” ujarnya.

Per September 2025, tambah Ardian, program kerja layanan Perumda Tirtanadi kepada pelanggan sebanyak 524.283 dari kedua zona tersebut adalah dengan meningkatkan layanan cepat dan sigap kepada pelanggan. (rel/sat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *