Inspirasinews – Medan, Berdasarkan pengumuman yang beredar, Rabu (4/1/2023), Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) membuka pendaftaran/penjaringan Bakal Calon (Balon) Rektor periode 2023-2027. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 18 sampai 31 Januari 2023.
Pada pengumuman Pansel Nomor : 001/PANJAR-UINSU/1/2023 yang ditandatangani Ketua Panitia Seleksi (Pansel), Sukiman dan Sekretaris Pansel, Khairunas, disebutkan pendaftaran Balon Rektor berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 17 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Agama Nomor 68 Tahun 2015 Tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Rektor/Ketua Perguruan Tinggi Keagamaan yang diselenggarakan Pemerintah, Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3151 Tahun 2020 tentang Pedoman Penjaringan.
Persyaratan umum Balon Rektor, di antaranya berstatus PNS, memiliki pengalaman jabatan sebagai dosen dengan melampirkan fotokopi SK, pangkat terakhir yang dilegalisir.
Kemudian, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mengisi surat pernyataan beriman dan bertaqwa, berusia paling tinggi 60 tahun pada saat berakhirnya masa pendaftaran dengan melampirkan fotokopi e-KTP dilegalisir pihak yang berwenang.
Selanjutnya, memiliki pengalaman manajerial pada perguruan tinggi paling rendah sebagai Ketua Jurusan paling singkat 2 (dua) tahun dengan melampirkan fotokopi SK jabatan tugas tambahan pada perguruan tinggi yang dilegalisir.
Menyerahkan surat keterangan sehat dari dokter pemerintah, melampirkan asli surat keterangan sehat berdasarkan hasil pemeriksaan dari dokter pemerintah dan melampirkan surat keterangan bebas narkoba dari rumah sakit atau instansi berwenang.
Tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan, melampirkan surat keterangan dari pimpinan satuan kerja/instansi yang menyatakan bahwa pendaftar Balon Rektor tidak sedang menjalani hukuman disiplin.
Tidak sedang di pidana berdasarkan putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap, melampirkan Surat Keterangan Catatan Pengadilan Negeri setempat (domisili bakal calon)/Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
Membuat surat pernyataan mencalonkan diri saat mencalonkan sebagai Rektor UINSU, menyerahkan pernyataan tertulis meliputi visi dan misi kepemimpinan, program peningkatan mutu perguruan tinggi.
Memiliki naskah visi, misi dan program peningkatan mutu UIN Sumatera Utara Medan dengan melampirkan naskah visi, misi dan program peningkatan mutu Perguruan Tinggi tersebut.
Dalam pengumuman tersebut juga persyaratan khusus pendaftaran Balon Rektor, di antaranya lulusan program Doktor (S3) dengan melampirkan fotokopi ijazah dan transkrip nilai dilegalisir oleh PT yang mengeluarkan.
Memiliki jabatan fungsional profesor (guru besar) dengan melampirkan fotokopi SK Jabatan Fungsional Terakhir yang telah dilegalisir. Memiliki izin atau rekomendasi dari atasan/pimpinan satuan kerja, asli surat izin/rekomendasi pimpinan satuan kerja, melampirkan data diri, pas foto ukuran 4×6 berlatar merah sebanyak 4 lembar.
Adapun tahapan pelaksanaan penjaringan pengumuman dan sosialisasi tanggal 4-17 Januari 2023, pendaftaran Balon Rektor 18-31 Januari 2023, verifikasi kelengkapan persyaratan dan penetapan Balon Rektor 1-6 Februari 2023 dan penyerahan dokumen Balon Rektor dari Panitia kepada Plt Rektor UIN Sumatera Utara 7 Februari 2023.
Kemudian, penyerahan Balon Rektor dari Plt Rektor kepada Senat Universitas 8 Februari 2023, pemberian pertimbangan kualitatif oleh Senat Universitas 9-27 Februari 2023, penyampaian dokumen Balon Rektor UINSU ke Menteri Agama RI tanggal 28 Februari 2023.
Dokumen pendaftaran sebagaimana disebut point 1 (satu) di atas diserahkan kepada panitia penjaringan dengan cara dan dikirim melalui jasa pos/paket pengiriman Cap Pos paling lama tanggal 31 Januari 2023 dengan tujuan kepada Panitia Penjaringan Bakal Calon Rektor UIN Sumatera Utara Medan di Jalan Williem lskandar, Pasar V, Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Kode Pos 20371. “Mengescan dokumen dalam bentuk PDF, kemudian mengirimkan melalui email : penjaringanrektoruinsu2023@uinsu. ac.id, setiap jam kerja,” tulis pengumuman itu. (asb/sat)